Pesan Ramadhan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid

 
habib ali zaenal abidin al hamid puasa ramadhan
 
Ramadhan telah telah tiba, saatnya seluruh kaum muslimin untuk melaksanakan kewajiban berpuasa mereka selama 30 hari. Menahan haus dan lapar serta godaan hawa nafsu yang senantiasa ada selama kita masih menghembuskan nafas diatas muka bumi. Sungguh bahagia kita disampaikan pada bulan Ramadhan Mubarak ini, mengingat banyak hamba-hamba Allah diluar sana yang telah diwafatkan sebelum bulan ramadhan. Ini adalah kesempatan kita untuk meraih segala kebaikan dengan memperbanyak beramal shaleh demi mencapai derajat ketakwaan di mata Allah SWT. Sebagaimana dalam Al Qur'an

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
 
“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (Al Baqarah: 185)

Ayat diatas adalah bukti bahwa hakika tujuan puasa di bulan ramadhan adalah untuk menjadi orang-orang yang bertakwa

Menyambut puasa ramadhan kali ini, guru kami Al Habib Ali Zaenal Abidin  Al Hamid menyampaikan / berpesan pada kita hal-hal berikut ini:
 
"Pada bulan ramadhan Rasulullah memiliki sifat pemurah lebih dari hari-hari biasanya. Pemurh disini bukan dalam harta saja, akan tetapi pemurah dalam hal hati yakni dengan cara memaafkan kesalahan orang lain, tidak menuntut hak kepada orang yang berkewajiban membeikan hak kepada kita. 
 
Bulan ramadhan juga adalah bulan untuk kita banyak berbuat amal baik dan dekat dengan orang-orang yang baik. Sebagaimana pesan Lukman Al Hakim kepada anaknya "Wahyai anakku dekatlah kamu dengan orang-orang alim, rapatkan lututmu dengan lutut mereka (mencari ilmu agama), karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati seseorang dengan cahaya ilmu, sebagaimana Allah hidupkan tanah dengan turunnya air hujan dan tumbuhnya tumbuh-tumbuhan."

Jadi kesimpulannya mari kita gunakan ramadhan dengan puasa yang sempurna, dengan memperbanyak ibadah amal shaleh dan sholat-sholat sunnah, bersedekah baik dengan harta dan hati, dengan bertadarus Al Qur'an, dengan menghidupkan malam-malam di bulan ramadhan, dengan mengajak ahli keluarga untuk beribadah kepada Allah sebagai tanggung jawab kita sebagai ketua rumah tangga.

Jadikanlah ramadhan ini meniru ramadhannya Rasulullah SAW. Kita memohon semoga kita dijadikan Allah sebagai hamba-hamba yang dekat denganNYa. Mudah-mudahan Allah berikan kepada kita dan kepada ahli keluarga kebaikan baik di duinia maupun di akhirat. Dan semoga kebaikan-kebaikan itu diberikan pada kita, serta kita dijauhkan dari keburukan. Amin... "

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesan Ramadhan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid"

Post a Comment