Biografi Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid


Assalamualaikum wr. wb. Dakwah adalah kewajiban bagi umat islam. Sebab sabda Nabi Besar Muhammad SAW. : “Sampaikan dariku walau satu ayat” Oleh karenanya di blog ini saya akan membagikan rekaman kajian kitab yang disampaikan oleh Al Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid. Sebelum mendengarkan kajian-kajian beliau, mari kita kenali dulu siapa beliau. Beliau adalah salah satu putra terbaik Indonesia, beliau lahir di Bondowoso – Jawa Timur – Indonesia. Kemudian beliau menimba ilmu dari pesantren ke pesantren lainnya. Beberapa guru dari Habib Ali Zaenal Abidin Adalah:

  1. Ustad Hasan Baharom
  2. Ustad Sholeh Bal As’ad
  3. Ustad Abdul Hamid
  4. Ustad Sholeh bin Agil
  5. Ustad Ahmad Barakwan
  6. Ustad Husin bin Abu Bakar

Perjalanan Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid mencari ilmu sampai hingga di Darul Musthofa (Hadramaut – Yaman) Beliau menjadi murid dari Al Habib Umar bin Salim bin Hafidz, salah satu ulama besar dunia saat ini. Habib Ali menjadi murid p[ertama/angkatan pertama untuk wilayah Indonesia. Beliau adalah sosok yang tekun dan semangat dalam mencari ilmu. Tak heran jika keilmuan beliau sangat luas. Di Hadramaut beliau juga berguru kepada Ulama-ulama dan Habib yang lain, diantaranya:
  1. Habib Ali Al Masyhur
  2. Habib Salim As Syatiri
  3. Habib Hasan As Syatiri
  4. Habib Abdullah bin Syihab
  5. Habib Abdul Qodir Al Jailani Al Masyhur
  6. Habib Abdullah bin Syeikh Al Idrus
  7. Habib Musa Al Kazim As Saqqaf
  8. Syekh Fadal Bafadal
  9. Syeikh Umar Huseain Al Khatib
  10. Habib Ali Abdul Rahman Al Jufri

Selepas menimba ilmu di Hadramaut, beliau pergi ke mesir untuk meneruskan mencari ilmu agama. Saat itu beliau memilih Universitas Al Azhar. Disini selain belajar beliau juga mengasah dakwah beliau dengan mengajar para santri-santri / para pelajar dari berbagai negara.  Di Mesir beliau berguru kepada:
  1. Dr. Syeikh Abdul Badi’ Abu Hashim
  2. Dr. Syeikh Saad Jawish
  3. Dr. Syeikh Ali Jum’ah
  4. Dr. Syeikh Muhammad Jibril

Tidak cukup disitu, beliau masih menimba ilmu lagi di Malaysia sekitar tahun 2002, tepatnya beliau berada di Universitas Islam Antar Bangsa. Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid Mengambil juruan Al Qur’an dan Sunnah. Setelah tamat dengan gelar Master, beliau menikah dan dikaruniai 3 putri. Beliau pun juga menetap di Malaysia dan sampai sekarang mengajar tetap di Majelis Ta’lim Darul Murtadza.


Itulah biografi singkat dari guru kita, yang mana rekaman kajiannya saya upload dan bisa anda download secara gratis/percum. Harapanya semoga dakwah beliau yang lemah lembut dan penuh akhlak ini bisa diterima dan yang paling penting menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Berikut kajian-kajian yang bisa anda download, mohon maaf bilamana ada kekurangan atau kelebihannya. Syukron Katsir... Wassalamualaikum wr. wb.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Biografi Habib Ali Zaenal Abidin Al Hamid"

  1. Gue aja yg non muslim tiap malam dengar ceramah beliau ini di youtube. Dan sangat adem dengar kata2 di barengi lantunan lagu yg syahdu

    ReplyDelete
  2. semoga guru kita habib ali zaenal abidin dan guru2 kita yg lain diberi kesehatan selalu dan dilindungi oleh Allah Swt

    ReplyDelete